Hey there!

I'm Natasha, the author of this blog. I'm also a psychology student who is working hard to be a novelist. I like thinking deeply mainly about life. I'm not a wise person, I'm simply just a girl who wants inspire the world through my writing.

Hope you enjoy every single of my posts.

Lots of love!
Natasha

PS : Feel free to comment on my posts, I will definitely reply to your comment!


BLOG READERS SURVEY
Please kindly do this survey, it will only take a little of your time! :)

06 April 2013

The Sad Facts of Education in Indonesia

Seperti yang sudah gue sering keluhkan betapaaaa beratnya masa-masa gue sekolah sekarang. Rasanya udah gak ada waktu leha-leha lagi karena udah tinggal setengah semester lagi! 
Gue harus mengejar nilai-nilai gue yang masih merah-merah :') GOOD news-nya.......... FISIKA GUE TUNTAS!!! kemaren waktu dibagiin ulangan-nya gue udah menangis terharu liat nilai fisika terbaik yang pernah gue raih... "90" :'))) so far itu the greatest achievement yang pernah gue raih di pelajaran IPA!!! Bener-bener escalated quickly banget nilai fisika gue dari awal masuk 26 terus naik jadi 40-an terus bisa mulai tuntas hingga gue bisa mendapat nilai lebih dari KKM!!! Ini mukjizat nyata! :') 
But, sad newsnya sejarah gue masa merah :( padahal semester 1 nilai sejarah gue yang paling tinggi dari mapel IPS lainnya! Jadi, gue harus belajar lebih keras lagi di sejarah dan geografi karena nilai-nya udah mulai renggang begitu :') Oh yeah dan gue juga harus ninggiin nilai matematika biar gak merah!!! Gimana caranya? belajar meski harus dengan kemampuan sendiri.
( Nilai yang tidak aman : Matematika, Kimia, Sejarah) .____.

Sering gak sih ngerasa lelah dengan sekolah? sering mikir gak sih betapa enaknya pelajar-pelajar di luar negeri? mereka beruntung karena sistem pendidikan mereka jauh lebih baik daripada disini?
It's fact kalau Indonesia adalah salah satu negara dengan sistem pendidikan terburuk di seluruh dunia.
Gue sih percaya aja mengingat di Indonesia, kita dituntut untuk mencapai nilai tertentu dengan begitu banyak mata pelajaran wajib yang belum tentu kita minati. Kita sekolah seakan hanya untuk mencari nilai dan ijazah. Kemana tujuan sekolah dan pendidikan untuk menjadikan kita orang yang lebih baik dan punya pengetahuan yang luas? 
Kita hanya belajar secara teori dan kita mengandalkan buku cetak doang tanpa belajar langsung ke praktek dan bagaimana nanti jika kita bekerja, dan sumber-sumber lainnya selain buku pelajaran kita sendiri. Itu yang menurut gue mengapa pendidikandi Indonesia menyedihkan.
Tidak semua sekolah di Indonesia juga mendapatkan guru-guru yang baik dan fasilitas sekolah yang memadai. Jangan lihat di kota besar kayak Jakarta, coba tengok sekolah di luar pulau Jawa. Masih banyak yang perlu dibenahi.
Apa pemerintah gak sayang dengan generasi muda Indonesia jika mereka kesulitan untuk menuntut ilmu yang dibutuhkan di masa depan? Gimana nasib mereka yang ke sekolah harus mendaki gunung lah, menyebrangi sungai dengan jembatan yang gak layak? 

Belum lagi kita adalah salah satu negara yang pelajarnya harus masuk pagi. Jam 7 bahkan setengah 7 sampai jam 1. Di sekolah gue pun bahkan kita masuk jam setengah 7 sampai setengah 3 , lalu jika ada eskul kita bisa sampe jam 5 segala sementara di luar negeri rata-rata anak sekolahnya ke sekolah jam 8! tidakkah pemerintah kasian dengan pelajar yang kurang tidur? kalau kita kurang tidur gimana bisa kita belajar dengan baik di sekolah? 
Mungkin jika anak-anak SD gue masih yakin mereka bisa cukup tidur tetapi gimana dengan yang udah sekolah menegah? gimana kita mau tidur lebih awal kalau ada ulangan, PR, dan tugas menumpuk yang harus dikerjakan? kita abaikan begitu saja-kah, kita bisa gak naik nantinya. 

Satu lagi masalah. Libur. Indonesia juga salah satu negara yang pelit libur. Hari efektif belajar pelajar Indonesia bisa 300 hari. Libur kenaikan kelas pun paling banter sebulan. Libur ganti semester? dua minggu. Sungguh kontras dengan sekolah di luar negeri. Di UK misalnya, mereka ada istilah "half term" dimana ditengah semester mereka bakal libur seminggu. Terus libur pergantian term pun bisa dua minggu. Khusus libur "Summer Term" , mereka bisa libur sampe sebulan lebih! Bayangkan teman-teman :')
Libur itu memang sering membuat murid menjadi malas, tetapi terbukti juga bahwa kita pelajar butuh menenangkan otak dan mengistirahatkan jiwa dan raga dari hal-hal sekolah! Jika kita punya cukup waktu untuk liburan, dijamin kita bakal lebih semangat belajar!

-------------------------------------------------------------------------------------------------

And yeah these are list of subjects we learn at high school(Grade 10-12)(Age 15-18) :

Grade 10th

Religion
Civics
Bahasa Indonesia (Indonesian)
English
Foreign Language (Mandarin, German, Japanese,etc) 
Math
Physics
Chemistry
Biology
History
Geography
Economy
Sociology
ICT 
Physical Education
Arts

Grade 11th (at this grade student have to decide which program they want to go, and this is important for later to sign up at university) and Grade 12th

Natural Sciences Program

Religion
Civics
Bahasa Indonesia 
English
Foreign Language
Math
Physics
Chemistry
Biology
History 
ICT
Physical Education
Arts

Social Sciences Program

Religion
Civics
Bahasa Indonesia
English
Foreign Language 
Math
History
Geography
Economy
Sociology
ICT
Physical Education
Arts

Humanities Program

Religion
Civics 
Bahasa Indonesia
English
Foreign Language
Math
History
Foreign Language (Higher Level)
Anthropology 
Indonesian Literature 
ICT 
Physical Education
Arts

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sekian protes gue hari ini tentang sekolah!!! Meski dimanapun dan seenak apapun sekolah, tetap saja sekolah itu tidak menyenangkan tetapi kita tetap harus bersyukur masih bisa bersekolah karena masih banyak anak di luar sana yang tidak bisa menimba ilmu :)

GO INDONESIAN STUDENTS!

<3 div="">

Love
Natasha, yang pusing dengan sekolah

No comments:

Post a Comment