Hey there!

I'm Natasha, the author of this blog. I'm also a psychology student who is working hard to be a novelist. I like thinking deeply mainly about life. I'm not a wise person, I'm simply just a girl who wants inspire the world through my writing.

Hope you enjoy every single of my posts.

Lots of love!
Natasha

PS : Feel free to comment on my posts, I will definitely reply to your comment!


BLOG READERS SURVEY
Please kindly do this survey, it will only take a little of your time! :)

24 July 2014

Grown Ups

Dulu waktu kecil, gue inget banget punya pikiran untuk cepet-cepet gede. Alasannya agak lucu juga. Namanya juga masih anak kecil. 

Pasti banyak yang setuju sama gue sebagai anak SD itu paling capek. Enam tahun pake seragam putih-merah. Setiap naik kelas, rasanya gue bener-bener santai. Toh temennya itu-itu lagi. Apalagi dulu SD gue cuma sekelas plus kelas gue gak ganti-ganti selama enam tahun, rasanya tuh gue cuma ganti kelas doang. 

Dulu pas SD, gue sering banget dapet tugas ketrampilan tangan. Gue benci banget harus bekerja menggunakan lem dan gunting. Prakarya gitu. Entah mengapa padahal biasanya cewek-cewek itu rapi dan bersih, gue malah kebalikannya. Yeah, gue dulu pengen cepet-cepet naik jenjang, karena gue melihat cici gue begitu santainya. Waktu SMP, kerjaan cici gue kayaknya gak pernah belajar. 
Jadi gue sangka toh, gue nanti pas SMP akan begitu. Akan bebas dari tugas-tugas kekanakkan semacam prakarya atau sikat gigi bareng. Atau makan empat sehat lima sempurna. Gue juga gak perlu baris dulu sebelom masuh kelas. 

Pikiran gue dulu, menjadi dewasa itu sesimple menyelesaikan sekolah sampai SMA, kuliah yang katanya cuma tinggal denger dosen ngomong, dan kerja. Gue ngeliat orang kerja kantoran rasanya asyik banget. Apalagi kalau liat di sinetron-sinetron dulu. Kerjaan orang kantor cuma ngetik-ngetik di komputer, dan... TANDA TANGAN BERKAS. Oke sip. Sebagai anak kecil gue tumbuh di dalam kebohongan.

Gue juga berpikir betapa enaknya jadi orang dewasa. Bisa bebas ngapain aja tanpa dilarang siapa-siapa, bebas menentukan pilihan sendiri, bisa beli barang-barang yang dia suka, pokoknya orang dewasa itu identik dengan kebebasan bagi gue. Namun, ternyata bertumbuh tidak sesederhana bisa beli baju sebanyak apapun tanpa dimarahin orangtua.

Semakin umur gue bertambah, semakin terbukanya gue akan dunia, maka semakin takutlah gue pula bertumbuh dewasa.
Entah kenapa gue takut. Dulu gue sangat semangat mau segera lulus sekolah, sekarang ketika gue diposisi tinggal setahun (bahkan beberapa bulan doang) sekolah, gue kepingin menghentikkan waktu.
Gue belum siap kuliah. Gue belum siap melangkah untuk menentukkan masa depan gue kelak.
Rasanya gue masih pengen main di Kidzania aja dulu. Hehehe.

Memang sikap gue ini gak baik. Tetapi, gue rasa ini lumrah terjadi di kalangan remaja yang masih mencari jati dirinya. Gak gampang lho harus menentukkan mau jadi apa kita kelak nanti. Belum tentu juga apa yang kita mau, bisa berjalan mulus. Gue dulu pengen jadi dokter. Selama SMP, gue gak pernah remed Biologi. Namun, ketika gue masuk SMA... harus buang impian jauh-jauh pengen jadi dokter. Impian gue itu harus hilang setelah gue tau gue gak bakal bertahan kalo masuk di jurusan IPA. Gue juga entah mengapa, ngerasa gak punya minat disana. Dari awal gue udah putusin masuk IPS, hasil psikotes gue menunjukkan juga gue cocoknya di jurusan IPS AJA, dan nilai-nilai IPS gue itu bener-bener bagus sementara IPA gue bener-bener kematian. Yeah, sampai sekarang gue berakhir di jurusan IPS anyway. Dan gue merasa bahagia. Sekolah bukan jadi suatu batu sandungan bagi gue.

Yang gue sedih lagi menjadi orang 'gede' (ceritanya gue baru legal nih minggu lalu :p) adalah berhenti bertumbuh. Dulu gue takut banget bakal jadi 17 tahun, karena katanya cewek berhenti betumbuh setelah menginjak usia 17. Dan gue sama sekali tidak terganggu dengan tinggi gue. Gue cukup puas karena yah... tinggi gue bisa dibilang normal untuk ukuran cewek. 

Yang menjadi masalah adalah gue dulu merupakan anak kekurangan gizi. Gue terlalu kurus, dan gampang sakit-sakitan. Gue dikasih vitamin macem-macem, susu, dan segala cara supaya gue gendut. Hungga pada akhirnya, sekarang yahh agak kegendutan. Gue harus berjuang supaya gimana caranya angka BMI gue gak menyentuh overweight. Sekarang, gue masih normal... tapi kalau gue gak jaga makanan (ditambah gue males banget olahraga)... gue bisa overweight. Yeah, gue kangen menjadi anak kecil yang bisa bebas makan-minum apa aja karena kita lagi dalam masa pertumbuhan.
I guess, I have to say goodbye those happy memories............ 

Dulu gue bangga banget ketika ulang tahun. Apalagi waktu ulang tahun ke-10... rasanya seneng akhirnya umur gue dua digit! Waktu masih 12 tahun gitu... gue mikir itu belum cukup. Gue kurang tua untuk bisa melakukan hal macam-macam. Sekarang udah 17 tahun aja. Memang 17 juga masih dianggap belum matang... tapi gue mikir "Najis, 3 tahun lagi gue kepala dua". Dan perasaan gue makin  lama... hidup ini berjalan terlalu cepat. Umur makin bertambah... it means gue juga harus siap jadi dewasa.

Tentu aja persepsi gue salah tentang betapa enaknya jadi orang gede. Tinggal cari uang, beli rumah, menikah, punya anak, dan hidup bahagia. Yeah, rasanya simple banget yah hidup. Karena kita udah ngeliat orangtua kita yang sukses. Tapi gue berpikir lagi.... "dapet duit darimana?".
Bayangin aja sekarang gaji kantoran per bulan anggap 3-5 juta. Gimana dengan kebutuhan sehari-hari kayak makan, transportasi, dan tempat tinggal? Belum lagi harus bayar pajak, tagihan listrik, belanja? Anggap aja uang itu cukup buat memenuhi kebutuhan, tetapi berapa sisa yang bisa ditabung? Kapan bisa ngumpulin banyak uang? 

Menentukan masa depan juga tidak semudah itu. Gue udah ngelirik psikologi sejak 3 SMP kalau gak salah ingat. Dan entah mengapa semakin hari gue semakin yakin, kalau gue memang ditakdirkan kuliah psikologi. Terus kemudian, gue dibikin galau lagi. Lulusan psikologi mau kerja apa di Indonesia?
Seperti yang kita ketahui, Indonesia itu lebih menghargai di bidang kedokteran, bisnis, hukum, akuntansi, pokoknya bidang-bidang yang 'berat'. Lapangan pekerjaan buat jurusan psikologi, seni, olahraga, begitu masih dibilang bakal sulit mencari kerja. 

Gue berpikir lagi. Sekarang, apa yang menjadi tujuan hidup gue? Apakah gue mau mengejar kekayaan? Itu berarti gue harus cari jurusan yang prospeknya di Indonesia itu menjanjikan. Apa gue mau hidup gue ini dibiarkan mengalir gitu aja? Gue bisa kuliah psikologi, terus kerja yang menyimpang dari jurusan yang gue mau. Atau gue mau mengejar kepuasan dan kebahagiaan? Itu berarti gue harus dengan sepenuh hati kuliah psikologi, dan tetap bekerja di bidang psikologi. Mau banyak atau enggaknya lapangan pekerjaan yang tersedia buat lulusan psikologi, gue tetap berjuang. Yang penting gue bahagia dan puas karena gue memiliki pekerjaan idaman gue.

Semakin gede juga, gue semakin sadar betapa ribetnya menjadi orang dewasa. Orang dewasa juga dituntut harus tahu A B C D E F G sampe Z. Orang dewasa dituntut harus mandiri, bisa melakukan apa aja sendiri. Perkara yang paling umum contohnya adalah urusan bank. Gue dulu gak tau kalo ada yang namanya giro, deposito, dan lain-lainnya. Bayangin juga nanti harus ngurus asuransi. Belum lagi harus siap dalam keadaan apapun. Contohnya, tiba-tiba harus berurusan sama kepolisian... kita tentu aja harus tahu prosedur kepolisian gimana. Urusan sama pengadilan juga begitu. 

Membayangkan gue semakin dewasa dan harus siap berurusan sama lembaga-lembaga resmi gitu bikin gue sakit perut. Apakah kelak gue bisa kayak nyokap yang bisa ngurusin berbagai macam hal yang sampai sekarang gak gue mengerti? 
Rasanya hampir 12 tahun belajar, gue belum cukup belajar untuk menjalani hidup orang dewasa nanti. 
Gue belum siap untuk memulai hidup baru. Gue masih ingin maen petak umpet sama temen pas istirahat :( *just kidding*

Dulu boleh aja gue pengen cepet-cepet bisa nyetir. Sekarang ketika gue udah cukup umur untuk nyetir, mental gue melempem. Gue orangnya suka ngelamun, jadi takut nabrak-nabrak. Gue orangnya penakut, jadi gue takut buat nyetir. Wkwkwk. Gue takut harus melalui turunan di parkiran mall-mall, gue gatau harus nginjek apa pas ada polisi tidur, gue bakal deg-degan mampus pas ada di flyover atau tol. Gue bisa panik sepanjang awal ampe akhir. Payah yah Natasha.

Well, tapi di satu sisi gue yakin, seiring waktu berjalan, gue nanti kuliah, gue bisa belajar banyak. Gue gak boleh menyia-nyiakan hidup yang cuma sekali ini. Gue harus mencari cara supaya bisa menjadi dewasa seutuhnya cie. Sampai sekarang gue masih belum bisa masak, menyetir, menghasilkan uang sendiri, atau menerbitkan novel. Bahahaha. 


"As long as I have God on my side, I shall not worry"


Natasha, yang baru legal seminggu.

PS : I can't believe, gue gak nervous sama sekali waktu acara birthday gue!!! Di satu sisi, gue merasa agak berantakan dan gagal menjadi bintang semalaman. But itu sudah berlalu. Jadi terlambat juga, gue terlihat gendut dan menggelikan di setiap foto teman-teman gue. Hehehehe.
PPS : Libur, gak ada embak, cici mau pergi, lagi sakit, gue bener-bener mati.
PPPS : GUE UDAH KELAS 12 OMG! Gak percayaaaaaa xxx 



No comments:

Post a Comment