Hey there!

I'm Natasha, the author of this blog. I'm also a psychology student who is working hard to be a novelist. I like thinking deeply mainly about life. I'm not a wise person, I'm simply just a girl who wants inspire the world through my writing.

Hope you enjoy every single of my posts.

Lots of love!
Natasha

PS : Feel free to comment on my posts, I will definitely reply to your comment!


BLOG READERS SURVEY
Please kindly do this survey, it will only take a little of your time! :)

15 March 2011

Pray For Japan

Tanggal 11 Maret 2011 kemarin,seperti yang kita tahu Jepang mendapat musibah gempa bumi dan tsunami.
Well gue bakal menguak habis tentang musibah yang memakan 1600 orang,1900 orang hilang,dan hampir 1.500 orang hilang ini.


Gempa di Jepang terjadi pukul 12.46 WIB, Jumat,11 Maret 2011 lalu dengan kekuatan 8,9 skala ritcher.Gempa ini berpusat di 373 km timur laut Tokyo.Saat gempa terjadi, kereta super cepat Shinkansen yang tengah melaju pun mendadak berhenti.


Beberapa saat kemudian terjadi tsunami dengan ketinggian 4 meter hingga 10 meter.
Miyagi menjadi wilayah yang terkena langsung dampak tsunami dan menjadi wilayah terparah.Selain Miyagi, Kota Iwate juga dinyatakan dalam kondisi rusak parah.


Setelah terjadinya gempa dan tsunami di Jepang Pusat Deteksi Dini Tsunami Pasifik memberikan peringatan kepada negara-negara yang berpotensi gempa dan tsunami seperti Rusia, Pulau Marcus, dan Marianas Utara,Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan negara bagian Hawaii, AS.


Gak hanya berhenti sampai disitu saja,Ledakan PLTN(Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) di Fukushima memperparah kerusakan akibat gempa bumi pada 12 Maret 2011 lalu.Penyebabnya karena sistem pendingin gagal beroperasi setelah gempa bumi.
Empat pekerja yang berusaha mengurangi tekanan pada reaktor mengalami luka-luka dalam ledakan.

Sebelum ledakan, badan nuklir Jepang mengatakan di sekitar pembangkit memang terdeteksi radioaktif caesium.
Jepang terus berusaha mengamankan sistem reaktor nuklir agar tidak membahayakan penduduk Jepang.
Karena ledakan reaktor nuklir ini Jepang mengalami krisis listrik.Akhirnya pemerintah memutuskan untuk melakukan pemadaman listrik bergilir yang dimulai sejak 13 Maret 2011 lalu.


Karena ledakan reaktor nuklir di Fukushima,kita juga mendapat kiriman broadcast message di blackberry messenger kan?mengenai bahaya ledakan tersebut.
Kita diperingati untuk tidak keluar rumah jika terjadi hujan untuk jangka minggu ini.
Hohoho ternyata bm itu salah teman-teman.Kita gak perlu takut kok,karena ternyata zat-zat radioaktif itu memang menyebar di wilayah sekitar 20-30 km tapi zat-zat radioaktif itu akan menghilang saat menyebar terlalu jauh.
Sampai saat ini Indonesia dinyatakan aman.
So don't worry guys!


Dibalik gempa dan tsunami yang melanda jepang ini,ternyata para ahli mengatakan gempa ini berkaitan dengan spekulasi tentang efek dari Supermoon.


Supermoon adalah fenomena alam dimana bulan terlihat sangat besar di langit karena berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi.
Supermoon bisa memicu kemunculan gelombang tinggi, gempa bumi, dan gunung meletus.

Sehari sebelum gempa Jepang terjadi, ada sebagian orang yang mencoba mengaitkan fenomena Supermoon dengan kemungkinan adanya 'kekacauan di bumi'.
Namun Prakirawan cuaca,John Kettley mengatakan bulan tidak bisa menyebabkan aktivitas geologi, tetapi cuma gelombang tinggi.


Pernyataan itu diperkuat oleh peneliti astronomi dan astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin.
Menurutnya fenomena supermoon itu istilah astrologi, bukan astronomi. Secara astronomi, saat bulan dekat dengan bumi, itu biasa-biasa saja.
Ia mengatakan pada saat gempa di Jepang terjadi , jarak antara bulan dan bumi sangat jauh yaitu 396.500 kilometer.
Jadi kalaupun ada efek pasang surut, itu minim. 


Gempa berkekuatan 9 skala richter yang mengguncang Jepang ternyata membuat sumbu bumi bergeser hingga 25 cm.Akibatnya, proses rotasi bumi pun berlangsung lebih cepat.Begitupun juga Pulau Honshu, bergeser 8 kaki atau 2,4 meter.


(sumber detik.com & kompas.com )


Nah berita diatas ini hanya sedikit cuplikan mengenai musibah gempa bumi dan tsunam di Jepang.
Sebagai manusia kita seharusnya ikut sedih dengan bencana yang katanya menjadi gempa bumi yang 1000 kali lebih kuat dari gempa bumi tahun 1995.
Jadi,teman-teman jika kalian manusia mari doakan teman-teman kita di Jepang!


Pray for Japan (also pray for Detective Conan,Doraemon,Shincan,etc)
Natasha

No comments:

Post a Comment